Pages

Sunday, September 30, 2018

SNP Finance: Kalau Dipailitkan, Aset Cuma Rp1 Triliun

Jakarta, CNN Indonesia -- PT Sunprima Nusantara Pembiayaan (SNP Finance) meminta seluruh pihak yang dirugikan, baik kreditur dan investor, untuk memberikan waktu manajemen berbenah. Soalnya, apabila anak usaha PT Citra Prima Mandiri itu dinyatakan pailit, maka kreditur dan investor akan lebih dirugikan.

Bukan tanpa sebab. Sekretaris Perusahan SNP Finance Ongko Purba Dasuha menyebut saat ini kemampuan bayar utang cuma 25 persen dari total kewajibannya. Per Juni 2018, asetnya tercatat hanya sebesar Rp1 triliun. Sedangkan, utang macetnya mencapai Rp4 triliun.

"Kalau sampai terjadi pailit, itu sangat merugikan kreditur. Jadi, pelepasan aset. Asetnya dijual, dibagi-bagi. Karena yang dimiliki hanya Rp1 triliun, rugi banget," ujarnya kepada CNNIndonesia.com saat ditemui di Kantor OJK Gatot Subroto, akhir pekan lalu.


Padahal, sekadar informasi, berdasarkan laporan keuangan perusahaan yang telah diaudit pada akhir tahun lalu, asetnya mencapai Rp4,6 triliun. Namun, laporan itu pun diragukan kebenarannya dan akuntan publik yang melakukan audit dinyatakan bersalah.

Saat ini, SNP Finance masuk dalam penanganan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) dengan batas waktu sampai 28 Oktober 2018. Perusahaan juga masih dalam sanksi Pembekuan Kegiatan Usaha (PKU) oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Begitu PKPU selesai, pengurus mundur, kepengurusan dikembalikan ke SNP Finance. Semua kreditur akan punya kewenangan, malahan enak, mereka (kreditur) bisa jaga utang kembali," imbuh Ongko.


Deputi Komisioner Manajemen Strategis dan Logistik OJK Anto Prabowo menegaskan selama masa sanksi PKU, perusahaan wajib menyampaikan dan melakukan tindakan korektif. "Dalam jangka waktu enam bulan sejak PKU, SNP Finance tidak memenuhi tindakan tersebut, maka dapat dikenakan sanksi pencabutan izin usaha," jelasnya.

Perusahaan diketahui menunggak pembayaran utang sebesar Rp4 triliun, di antaranya Rp2,2 triliun dari perbankan dan Rp1,8 triliun utang dalam bentuk Medium Term Notes (MTN) kepada investornya.

(aud/bir)

Let's block ads! (Why?)


September 30, 2018 at 10:52PM
via CNN Indonesia https://ift.tt/2y5s9wu
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.cnnindonesia.com%2Frss&max=3, then Send me an em


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment