Pages

Tuesday, October 2, 2018

Kopi Terbaik Indonesia Hadir di Festival Kerinci 2018

Jakarta, CNN Indonesia -- Festival Kerinci 2018 siap menyajikan kopi Arabica terbaik Indonesia yang akan dilangsungkan di zona 3 Lapangan Bedeng VIII Kayu Aro, Kerinci, Jambi, pada 3-7 Oktober 2018.

"Indonesia memiliki beragam jenis kopi. Kopi Kerinci ini salah satu yang unik. Cita rasanya nikmat dan aromanya selalu menggoda. Menikmati beragam sajian seni budaya sambil menyeruput Kopi Kerinci ini jadi momen terbaik," tutur Menteri Pariwisata Arief Yahya, dalam keterangan tertulis, Senin (1/10).

Festival Kerinci ini bisa disebut surganya pecinta kopi, karena adanya penghasil kopi arabica terbaik di Indonesia. Hal itu dapat dilihat pada Festival Kopi 2017 di Jakarta, yakni saat kopi Kerinci dinobatkan sebagai kopi terbaik se-Indonesia.


Keunggulan kopi Kerinci ini memiliki cita rasa lima kopi terbaik Indonesia dalam satu tegukan. Lebih tepatnya dari jenis Sigarar Utang, Gayo, Andung Sari, S795, dan P88. Kopi asal Jambi ini memiliki skor sertifikasi kopi specialty sebesar 86.25.

Skor ini membuat kopi alam korintji menjadi kopi specialty grade. Uji sertifikasi ini dilakukan oleh pusat penelitian dan pengembangan kopi dan kakao Indonesia yang berlokasi di Jember, Jawa Timur, serta Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia pada 2015 lalu.

Rahasia Kenikmatan

Rahasia kenikmatan kopi Arabica Kerinci adalah ditanam pada ketinggian di atas 1500 mdpl atau di area Gunung Kerinci. Selain itu, jenis tanah vulkanik yang subur juga membuat biji kopi (green beans) Kerinci lebih padat dan cita rasa yang tinggi. Dan sebagai pelengkap, Festival 1.000 Kopi menampilkan dua atraksi menarik, yaitu Seduh 1.000 Kopi dan Safari Kampung Kopi.

Namun, keseruan yang bakal dihadirkan Festival Kerinci lebih dari itu. Berbagai kegiatan budaya tetap ditawarkan, seperti Tari Rangguk Tradisi, Lomba Tari Kreasi, hingga Lomba Berbalas Pantun. Digelar juga Lomba Mengaji Adat Kerinci dan Lomba Sike Rebana. 

"Keindahan Jambi bisa dinikmati hanya dengan datang ke Festival Kerinci 2018. Festival Kerinci ini sungguh luar biasa. Budaya dan alam bisa dinikmati dalam waktu bersamaan," kata Arief.

Dengan tema 'Pesona Kerinci sebagai Branding Pariwisata Provinsi Jambi', beragam inovasi sudah disajikan Festival Kerinci.

"Ada banyak kejutan yang sudah disiapkan. Festival dijamin lebih meriah dari tahun sebelumnya. Sebab, nuansanya sangat baru dan menyegarkan. Untuk itu, pastikan Festival Kerinci tidak terlewatkan. Sebab, event-nya sudah di depan mata. Kegiatan pra-festivalnya juga sudah digulirkan," lanjut Arief.

Ada dua akses untuk mencapai Danau Kerinci, yaitu melalui Padang, Sumatera Barat dan Jambi. Dari Jambi, ada dua pilihan moda transportasi yang digunakan, yaitu transportasi darat dengan memakai travel atau kendaraan pribadi.

Bila memakai travel, tarif Jambi ke Kerinci sekitar Rp140 ribu, dan wisawatan akan disuguhi pemandangan eksotis alam Jambi.


Moda transportasi lainnya yaitu melalui pesawat, bisa memilih rute Bandara Sultan Taha menuju Bandara Depati Parbo di Kerinci.

Staf Khusus Menteri Bidang Multikultural Kemenpar Esthy Reko Astuty mengungkapkan, wisatawan memiliki banyak pilihan moda transportasi ke Kabupaten Kerinci.

"Transportasinya sangat mudah. Kalau ingin praktis memakai pesawat. Yang penting sampai di Jambi, lalu sudah banyak tersedia jadwal pesawat menuju Kerinci. Kalau ingin menikmati sensasi tambahan indahnya pemandangan, maka jalur darat pilihan ideal. Ada banyak spot eksotis yang akan ditemui," kata Esthy. (egp/stu)

Let's block ads! (Why?)


October 03, 2018 at 02:21AM
via CNN Indonesia https://ift.tt/2NV8fiN
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.cnnindonesia.com%2Frss&max=3, then Send me an em


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment