Pages

Tuesday, October 2, 2018

TKN Jokowi Pastikan Bantuan untuk Palu Tanpa Atribut Kampanye

Jakarta, CNN Indonesia -- Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin memastikan bantuan dari para relawan bagi korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah tak akan disisipi atribut kampanye Pilpres 2019.

Direktur Relawan TKN Maman Immanulhaq mengatakan pihaknya hanya akan memfasilitasi penggalangan bantuan bagi para korban.

"Ini aksi kemanusiaan, jadi enggak ada labelling relawan Jokowi-Ma'ruf. Saya jamin enggak ada bendera, dan sebagainya," ujar Maman di posko pemenangan Cemara, Jakarta, Selasa (2/10).

Politikus PKB ini mengatakan bantuan tersebut dapat disalurkan melalui 'Crisis Center untuk Sulawesi Tengah' yang berlokasi di Jalan Proklamasi, Jakarta. Pusat penggalangan bantuan ini akan menampung uang maupun barang bagi para korban.

Menurut Maman, terdapat sejumlah barang yang menjadi prioritas untuk diberikan pada para korban di antaranya kantung mayat, makanan bayi, dan keperluan pribadi lainnya.

"Kami sudah list barang yang jadi prioritas. Nanti relawan kumpulkan agar tidak tercecer," katanya.

Ia menjamin semua bentuk bantuan itu akan dilaporkan ke publik sebagai bentuk pertanggungjawaban. Para relawan yang diterjunkan untuk membantu pun, kata dia, adalah relawan yang telah berpengalaman dan pernah membantu di lokasi bencana alam.

"Kami juga sudah koordinasi dengan pihak terkait. Jadi ini tidak tiba-tiba bikin posko sendiri, tapi melihat juga bagaimana kebutuhan di sana, dan tidak asal kirim relawan," ucapnya.

Bencana gempa bumi magnitudo 7,7 memicu tsunami terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat pekan lalu.

Data terbaru Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per 2 Oktober 2018 pukul 13.00 WIB mencatat jumlah korban gempa dan tsunami mencapai 1.234 orang.

Sementara korban luka berat sebanyak 799 orang dan yang dinyatakan hilang mencapai 99 orang. Untuk jumlah pengungsi, BNPB mencatat telah ada 61.867 jiwa yang tersebar di 109 titik.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan jumlah korban tewas dan luka masih mungkin bertambah karena proses evakuasi masih terlus dilakukan. (pris/wis)

Let's block ads! (Why?)


October 03, 2018 at 04:00AM
via CNN Indonesia https://ift.tt/2OsBoRJ
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.cnnindonesia.com%2Frss&max=3, then Send me an em


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment