Pages

Sunday, September 30, 2018

Pemimpin Dunia Ucap Belasungkawa Atas Gempa Palu-Donggala

Jakarta, CNN Indonesia -- Para pemimpin dunia mengucapkan bela sungkawa atas kejadian gempa bumi dengan magnitudo 7,4 skala richter, dan tsunami yang melanda kawasan Palu dan Donggala di Sulawesi Tengah.

Presiden China, Xi Jinping menyampaikan pesannya kepada presiden Joko Widodo dan siap memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan berbagai pihak Indonesia. Atas nama pemerintah China, Xi menyebut bahwa Indonesia merupakan negara tetangga yang ramah dan China memberikan simpati terhadap keluarga korban bencana, seperti diberitakan China Daily

Menteri Luar Negeri Filipina, Alan Peter juga menyampaikan bela sungkawa kepada Indonesia. Dirinya menambahkan bahwa Filipina siap untuk menanggapi dan memperpanjang bantuan ke Indonesia.

"Kami berduka dengan saudara-saudara kita di Indonesia. Kami berdiri, bergandengan tangan dengan mereka dalam doa untuk semua orang yang kehilangan nyawa dalam tragedy ini," katanya seperti dikutip Rappler

Presiden Singapura, Halimah Yacob mengirimkan surat kepada Joko Widodo dan mengatakan bahwa Singapura akan memberikan bantuan untuk mendukung upaya bantuan yang sedang berlangsung di Indonesia saat ini.

"Atas nama rakyat Singapura, saya menyampaikan simpati sepenuh hati kepada keluarga yang terkena dampak gempa bumi dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah pada 28 September 2018," tulisnya dalam suratnya seperti dikutip The Strait Times

Kedutaan singapura di Jakarta juga bekerja sama dengan pihak berwenang Indonesia untuk melakukan evakuasi terhadap warga Singapura yang berada di Palu.

India dan Australia juga memberikan ucapan bela sungkawa atas kejadian yang menimpa Indonesia. Mereka menyampaikan ucapan tersebut melalui cuitan di twitter yang langsung ditujukan kepada presiden Joko Widodo.

"Kami sangat sedih dengan hilangnya nyawa dan kehancuran yang disebabkan akibat tsunami dan gempa bumi di Sulawesi Tengah di Indonesia. Saya menawarkan belasungkawa yang mendalam. India berdiri dengan tetangga maritimnya pada saat sulit ini," tulis Perdana Menteri India, Narendra Modi.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Perdana Menteri Australia, Scott Morison dalam cuitannya di Twitter. Australia menawarkan bantuan untuk Indonesia atas kejadian ini.

"Saya sangat sedih mendengar peristiwa tragis di Sulawesi. Saya menyampaikan doa sepenuh hati Australia untuk Presiden Joko Widodo dan teman-teman Indonesia kami, dan semua yang terkena dampaknya. Australia siap membantu," tulis nya.

Palu dan Donggala porak-poranda setelah diguncang gempa dan tsunami pada Jumat (28/9). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa tsunami setinggi 1,5 hingga 2 meter menghantam Palu setelah gempa terjadi. Berbagai bangunan hancur dan jalan retak akibat gempa dan tsunami ini.

Hingga Minggu (30/9) siang, total korban tewas mencapai 832 orang dengan terbanyak di Palu yakni 821 orang, sementara di Donggala 11 orang.

Lebih dari 540 orang terluka karena gempa tersebut, sementara 17 ribu pengungsi tersebar di beberapa titik di kota Palu. Di antara jumlah tersebut, 71 di antaranya yang terdampak merupakan warga negara asing.

Jumlah korban tewas, menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwonugroho, ada kemungkinan akan terus bertambah karena banyak jenazah yang belum teridentifikasi. (cin/eks)

Let's block ads! (Why?)


October 01, 2018 at 06:14PM
via CNN Indonesia https://ift.tt/2NQn4Dc
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.cnnindonesia.com%2Frss&max=3, then Send me an em


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment