Pages

Tuesday, October 2, 2018

Rupiah Rp15 Ribu, Darmin Khawatir Psikologis Pasar Terganggu

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pelemahan rupiah ke level Rp15 ribu per dolar AS, kondisi tersebut bisa berdampak ke psikologi pasar. Tapi ia menyatakan pelemahan tersebut tidak mencerminkan buruknya kondisi ekonomi dalam negeri.

Menurutnya, secara fundamental ekonomi dalam negeri masih cukup baik. Darmin masih menolak berkomentar mengenai penyebab pelemahan rupiah tersebut.

"Kami akan cerna dulu. Jangan terburu-buru," katanya di Komplek Istana Negara, Selasa (2/10).


Nilai tukar rupiah pada perdagangan Selasa siang tembus ke level Rp15 ribu per dolar. Dengan posisi tersebut, sepanjang tahun ini, rupiah tercatat sudah melemah di atas 10 persen.

Di kawasan Asia, rupiah tak sendiri. Mayoritas mata uang Asia lain juga bergerak di zona merah.

Won Korea Selatan melemah 0,25 persen, peso Filipina minus 0,16 persen, ringgit Malaysia minus 0,11 persen, baht Thailand minus 0,11 persen, dolar Hong Kong minus 0,07 persen, dan dolar Singapura minus 0,06 persen.

Darmin mengakui pelemahan tersebut bisa berdampak pada peningkatan biaya pelaku industri, terutama yang sebagian besarnya diimpor.

(glh/agt)

Let's block ads! (Why?)


October 02, 2018 at 09:22PM
via CNN Indonesia https://ift.tt/2y9lRvX
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.cnnindonesia.com%2Frss&max=3, then Send me an em


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment